CARA CEK PLAGIAT SKRIPSI MAHASISWA

Untuk kamu mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, tidak udah takut atas kejahatan plagiat. Saat ini banyak mahasiswa yang tidak ingin susah membuat skripsi hingga akhirnya suka menjiplak sebuah karya, dan skripsi orang lain tanpa mengubah sedikitpun.

Tindakan tersebut merupakan suatu kejahatan plagiat, karena skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang dilihat kesahannya dari penulisnya. Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah/universitas. Di dunia kerja, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman denda, dipenjara atau bahkan diberhentikan dari kerjaannya atau dipecat. Pelaku plagiarisme disebut sebagai plagiator.

Untungnya setiap kampus sudah menerapkan peraturan tentang plagiarisme dari setiap skripsi mahasiswanya, sehingga mahasiswanya sulit untuk menjiplak karya atau skripsi orang lain. Contohnya, ada beberapa kampus yang menetapkan batas plagiat skripsi maksimal 40% maka jika kamu melebihi angka tersebut, secara otomatis kamu tidak akan lulus sidang.

Biasanya kampus sudah memiliki program cek plagiat skripsi.

Tapi tenang saja! Sekarang kamu bisa mengecek plagiarisme cukup lewat browser lho!


(Sumber: https://id.aliexpress.com/i/32950720241.html)

Bagaimana caranya? ayo ikuti langkah-langlah dibawah ini :

1. Klik link dibawah bawah ini https://smallseotools.com/plagiarism-checker/

2. Copy kalimat dari skripsi dan paste pada kolom yang telah disediakan,  lalu klik “check plagarism”.Harus kamu ketahui, pada website ini hanya dapat melakukan cek plagiarism tiap maksimal 1000 kata.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

3. Tunggu sampai proses selesai, kemudian secara otomatis kamu kamu dapat melihat hasilnya.

Dari hasil data yang diperoleh, dapat dilihat presentasi disebelah kanan yaitu plagiat dan unique. Jika kolom-kolom data berwarna merah maka skripsi dinyatakan plagiat oleh web tersebut. Namun, jika hasil kolom-kolom data yang diperoleh berwarna hijau maka skripsimu dinyatakan aman. Kamu juga dapat melihat kalimat dari bahan jiplakkanmu dengan klik tanda compare di sebelah kanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *