Menghindari Cyber Bullying : Tata Krama di Media Sosial


(Sumber : http://sociograma.net/pautas-prevencion-del-acoso-social-internet/)

Mengingat kasus yang viral beberapa bulan lalu dimedia sosial, pertengkaran antara keanu dan lucinta luna sebagai selebgram baru. Maksud hati ingin bercanda namun salah satu pihak tidak menjaga tata bahasanya dengan baik sehingga pihak lainnya merasa tersinggung sampai menimbulkan konflik seperti saling menghina satu sama lain di akun sosial media masing-masing.

Jika saya perhatikan, saat ini tata krama anak zaman sekarang sangat jauh melenceng sebagaimana mestinya. Terutama di dunia maya atau di media sosial dalam hal berkomentar, share foto, video, chatting, atau menyebar cerita yang tidak ada faktanya.

Saat ini media sosial sudah menjadi sarana bagi masyarakat dunia untuk bersosialisasi, bersilahturahmi bahkan bercerita hingga menimbulkam komentar-komentar yang positif maupun negatif.

Seperti halnya di dunia nyata, di dunia maya pun perlu diterapkan tata krama dan sopan santun dalam berinteraksi dalam menggunakan media sosial seluruh dunia, baik tata krama dalam hal berkomentar, chatting, berbagi foto/video dan postingan-postingan agar para pengguna media sosial bisa saling menghargai satu sama lain.

Ada beberapa tips untuk menjaga etika dan tata krama di media sosial :

  1.  Menggunakan bahasa yang baik dan sopan saat berkomentar.
  2. Berbagi sesuatu yang tidak menimbulkan pro dan kontra.
  3. Jadilah orang yang kritis tetapi netral.
  4. Jangan mudah terprovokasi oleh suatu hal yang belum jelas.
  5. Cek sebelum membagi informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *