Profesi Lulusan Teknik Industri

Dalam dunia perkuliahan jurusan Teknik Industri cukup terkenal dan banyak diminati oleh para calon mahasiswa. Meski jurusan ini terbilang teknik, tetapi jurusan ini tidak hanya mempelajari hitung-hitungan saja. Di jurusan Teknik Industri ini kalian juga bisa mempelajari tentang manajemen, ekonomi, dan bahkan psikologi.

Teknik Industri secara garis besar mempelajari tentang proses industri dari sisi manajemen ataupun teknik. Teknik Industri mendalami kepada rancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintergrasi yang sangat dibutuhkan oleh peran manusia, material, dan energi. Jadi kita tidak hanya mempelahari tentang mesin manufaktur saja, kita juga di jurusan ini mempelajari tentang manajemen industri.

Ada tiga bidang besar di Teknik Industri, yaitu sistem manufaktur yang mempelajari peingkatan kualitas, produktivitas, dan ukuran tingkat penggunaan sistem produk. Yang kedua manajemen industri, di mana mahasiswa Teknik Industri harus mempelajari tentang manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen inovasi, perencanaan, pengendalian produksi, dan eskonomi teknik. Lalu yang ke tiga sistem industri dan tekno ekonomi, contohnya logistik, statistik, dan sistem basis data.

Untuk prospek kerja, lulusan teknik industri bisa di bilang beruntung, karena mahasiswa Teknik Industri hampir mempelajari semua mata kuliah contohnya seperti perancangan tata letak pabrik, statistika industri, ekonomi teknik, menggambar teknk, pengantar agronomi, material teknik, elektronika teknk, manajemen perusahaan industri dan masih banyak lagi. Jadi kalian tidak perlu takut untuk susah mencari kerja.


( Sumber : https://lancangkuning.com/post/6594/skill-yang-harus-dimiliki-programmer.html)

Ada beberapa prospek kerja Teknik Industri :

1.Manajemen.

Anak Teknik Industri juga mempelajari tentang ekonomi dan manajemen, jadi prospek kerjanya tidak hanya pada bidang teknis di sebuah pabrik. Lulusan teknik Industri juga bisa bekerja sebagai HRD, manajemen bisnis dan sebagainya.

2. Manufaktur.

Lulusan Teknik Industri banyak yang berkarir di bidang manufaktur. Mulai dari supply chain, head of producion, gudang.

3. Entrepreneu.

Nah bisa juga nih kita jadi pengusaha. Lulusan Teknik Industri yang telah mendalami dan mempelajari semua tentang Industri seperti teknik dan manjemen produksi dalam sebuah industri pastinya mau kan membangun perusahaan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *